Wisata unik di Sumatera Barat #1

Selamat datang di blog jalanjalanfamily...

Sahabatfamily kali ini kita akan mengunjungi wisata unik di Sumatera Barat. Ada banyak tempat unik yang bisa kita kunjungi di Sumatera Barat yang dapat memanjakan mata kita. Berikut beberapa tempat wisata unik  di Sumatera Barat yang dapat Anda kunjungi bersama orang-orang tercinta. 

Jam Gadang






Jam Gadang terletak di jantung kota Bukittinggi. Sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Padang Ibukota Provinsi Sumatera Barat. Jam Gadang merupakan ikon dari Kota Bukittinggi. Jam Gadang sebetulnya merupakan tugu yang berbentuk kubus diatasnya diletakkan jam di keempat sisinya. Pada bagian atapnya di desain ikon rumah adat Minangkabau yaitu Rumah Bagonjong. Berdasarkan tulisan dari prasasti pendirian Jam Gadang dimulai tahun 

Lubang Jepang




Tak jauh dari Jam Gadang, terletak objek wisata sejarah yakni Lubang Jepang. Lubang Jepang merupakan tempat persembunyian tentara Jepang pada saat menjajah negeri kita. Di dalam lubang jepang banyak terdapat ruang-ruang yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada ruang khusus untuk penjara tahanan, Ruang dapur, ruang sidang, ruang rapat, hingga ruang pembataian. Berdasarkan cerita sejarah yang didapat dari pemandu wisata dapat dibayangkan betapa kejamnya penjajahan tentara Jepang di zamannya.

Yuk kunjungi juga Indahnya Wisata Bengkulu

Sebuah ruang yang sebenarnya adalah tempat pembantaian dibuat lebih mirip dapur. Namun lubang kecil yang menyerupai tungku terhubung ke jurang yang mengarak ke sungai di Lembah Ngarai Sianok. Kegunaan dari ruangan ini adalah apabila ada tahanan yang akan dilenyapkan maka oleh tentara Jepang, mereka akan dimasukkan ke tungku yang ujungnya di jurang yang mengarah ke Sungai. 

Ketika lubang Jepang ditemukan, di dalamnya banyak sekali terdapat tulang belulang bahkan dalam ruangan tertentu yang berfungsi sebagai penjara terdapat banyak sekali tumpukan tulang-belulang akibat penyiksaan oleh tentara Jepang. 

Saat ini oleh pemerintah daerah setempat Lubang Jepang di desain menjadi kafe di bawah tanah. Ada beberapa tempat yang telah dipersiapkan meja dan kursi yang dapat disewakan oleh pedagang setempat.

Bisa dilihat-lihat disini yuk, Wisata Keren Ke Bukittinggi

Ngarai Sianok




Ngarai Sianok merupakan lembah yang dikelilingi bukit-bukit kapur. Lembah yang luas ini membentang dan membentuk panorama alam yang indah. Ada dua akses ke Ngarai Sianok yang dapat anda tuju. Yang pertama adalah Akses ke Lokasi Lembah menuju Jembatan gantung yang ada di atas sungai. Bisa juga Anda menuju  ke lembah dengan view persawahan yang dapat ditempuh dari pintu keluar Lubang Jepang. Jika Anda tertantang nyali untuk melewati jembatan gantung Anda dapat menuruni anak tangga yang cukup terjal menuju lokasi jembatan gantung.


Berikutnya Wisata unik Sumatera Barat #2

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Wisata unik di Sumatera Barat #1"

  1. kalo ke jam gadang pernah.. pantai air manis dan air terjun lembah anai...

    ReplyDelete

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..